Upayakan Masyarakat Mahir Bahasa Inggris, Disdik Kota Kediri Tawarkan Ragam Inovasi Emas – Lentera Currently

KEDIRI (Lenteratoday) – Berupaya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris masyarakat Kota Kediri, Pemkot Kediri dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) mencetuskan beragam inovasi pada plan English Large (Emas). Emas merupakan sebuah application inisiatif Pemkot Kediri di bawah kepemimpinan Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar pada periode pertama.

System, tersebut untuk memberdayakan warga melalui kursus Bahasa Inggris gratis berbasis komunitas, yang terbuka untuk seluruh warga Kota Kediri dari segala kalangan usia.Untuk meningkatkan jumlah partisipan, pihaknya telah menggagas berbagai inovasi dan program segar yang diklaim mampu meningkatkan minat masyarakat untuk mengikuti plan Emas.

Inovasi-inovasi tersebut, di antaranya: Outing Course, Online video Pembelajaran Golden Corner, Podcast, English Simply call, On line Application, peluncuran Aplikasi Jurnal mengajar Tutor, On the web Certification, Perlombaan Tahunan Coin Emas.

Siswanto, Kepala Disdik Kota Kediri, menyebut kini terdapat 2.230 partisipan Emas yang didominasi usia anak-anak (youthful learners). “Terdiri dari 1.750 partisipan dari degree younger learner, 364 dari youthful grownup, dan 116 usia grownup,” ungkap Siswanto.

Ditambahkan, hingga kini terdapat 185 spot pembelajaran dengan full 244 kelas yang tersebar di tiga kecamatan.

“Ini kan plan gratis yang dibuat Pemkot Kediri untuk masyarakat. Seringkali dianggap remeh oleh masyarakat, bisa dari segi kualitas maupun fasilitas yang didapatkan,” ucap Siswanto.

Kendati demikian Pemkot Kediri enggan memberikan kualitas ecek-ecek pada program pembelajaran Emas.

Disdik Kota Kediri selaku leading sector turut membekali para tutor dengan keahlian penunjang melalui berbagai workshop. Menurut Siswanto, peran tutor sangat krusial dalam menyukseskan pembelajaran.

“Sejak 2018 kami adakan workshop untuk semua tutor yang diadakan secara rutin setiap bulan dengan menghadirkan pemateri, salah satunya dari English Today Jakarta,” jelasnya.

Tahun 2022 Emas telah menjalin kerjasama dengan Widya Mandala Language Institute (WMLI) Surabaya dan IDP Jakarta (lembaga penyedia tes IELTS resmi yang diakui secara internasional). “Jadi partisipan Emas, warga Kota Kediri dan sekitarnya bisa melakukan tes IELTS di Disdik Kota Kediri, tidak perlu ke kota-kota besar lainnya,” tegas Siswanto.

Lebih lanjut dijelaskan, apabila masyarakat ingin bergabung dalam Emas, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan: emas.pendidikan.kedirikota.go.id/daftar.
Ms. Cindy, salah satu tutor mengaku Emas memiliki berbagai keunggulan dibandingkan lembaga kursus lainnya.

“Kami memberikan e-certificate kepada partisipan yang telah lulus amount check, serta yang menjadi juara Coin Emas dan Dramacoustic. Yang mana sertifikat juara Coin Emas dalam lomba tertentu, nantinya dapat digunakan untuk PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) masuk Jalur Prestasi di seluruh SMP Negeri di Kota Kediri,” ucapnya.

Diharapkan, system Emas dapat lebih berkembang dengan menjaring partisipan lebih banyak. “Semoga Emas ini lebih dikenal masyarakat dan melahirkan generasi yang pro berbahasa Inggris,” harapnya. (*)

Reporter: Gatot Sunarko

Editor : Lutfiyu Handi