Mengenal Konsep Blended Understanding Furthermore, Solusi Pendidikan Daring Masa Kini

TRIBUNNEWS.COM – Ketakutan terbesar sekolah dalam menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah adanya understanding decline secara masif yang bisa menimbulkan technology gap.

Trimurti Senior Higher School memutuskan untuk mengambil moda daring agar pembelajaran tetap berjalan di period pandemi.

“Kami berusaha memanfaatkan fasilitas di sekolah yang sudah ada, apa adanya, sementara waktu. Sambil mempersiapkan pelatihan kilat guru dan pengadaan kilat fasilitas sekolah,” ucap perwakilan Trimurti Senior Significant College.

Kabar baiknya di awal pandemi Covid-19, Trimurti Senior Substantial College sudah memiliki aplikasi ujian on-line dan akses internet sekolah yang belum digunakan secara maksimal. Seperti Studying Management Process (LMS) dan aplikasi Movie Conference (VC).

Dua pekan pertama pembelajaran dari rumah dilaksanakan, pihak sekolah melakukan penugasan mandiri melalui aplikasi ujian on the internet yang dipandu wali kelas lewat media WhatsApp.

Tentunya, dalam periode dua pekan pertama pembelajaran dari rumah, para insan pendidikan di Trimurti Senior Substantial Faculty juga berjibaku untuk berlatih, menyiapkan dan memperkenalkan aplikasi LMS dan VC ke para siswa.

Setelah dua pekan berlalu, pembelajaran mulai diorganisasikan melalui LMS, didukung aplikasi VC dan ujian daring.

Aplikasi pendukung belum jamin kelancaran proses belajar

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata penggunaan aplikasi pendukung untuk melaksanakan pembelajaran daring belum menjamin proses belajar dengan baik.

Dalam proses pembelajaran, ditemukan keterlibatan siswa cukup rendah dan banyak aktivitas belajar yang terlewatkan begitu saja.