Ini Beda Blended, Hybrid, Seamless, dan Metaverse Discovering

Jakarta: Saat ini dunia pendidikan memiliki berbagai product pembelajaran. Hal itu seiring berkembangnya dunia digital.
 
Pembelajaran tidak harus bergantung pada ketersediaan ruang kelas. Namun, pembelajaran dapat terus berjalan dengan bantuan teknologi.
 
Setidaknya saat ini dikenal istilah blended mastering, hybrid understanding, seamless finding out, hingga metaverse understanding.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Empat diksi tersebut sebenarnya mengandung hal yang sama. Akan tetapi secara konstrudiksi memiliki definisi yang khusus,” tutur Ketua Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Henry Praherdhiono, dalam siaran podcast Dikti Menyapa, dikutip Rabu, 6 April 2022.
 
Henry menuturkan diksi paling mirip adalah blended dan hybrid. Blended discovering merupakan pembelajaran campuran daring dan luring.
 
“Tapi, kalau hybrid dia lebih baik ya, bisa lebih interaktif, belajarnya tidak harus di satu waktu dan tetap bisa daring dan luring,” tutur dia.
 
Sementara itu, seamless learning ialah design pembelajaran yang membuka bendung pendidikan official dan casual. Pelajar bisa belajar di mana saja, baik di kampus, rumah, atau kafe.
 
“Sekarang banyak orang yang justru melarikan diri, di dunia nyata tidak diakui dan pindah ke dunia digital itu yang disebut metaverse,” tutur dia.
 
Henry mengatakan empat diksi tersebut menjadi gambaran dunia pendidikan ke depan. Semua pihak harus beradaptasi dengan kondisi dunia pendidikan tersebut.
 
“Ini akan menjadi professional kontra, tapi itulah yang harus kita manajemen,” ujar Henry.
 
Baca:
 

(REN)