Ingin Jadi Insane Wealthy? Jangan Lakukan Hal Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Tidak bisa dipungkiri, menjadi kaya adalah impian semua orang. Untuk bisa mencapainya berbagai hal dilakukan mulai dari bekerja sebagai pegawai hingga berwirausaha.

Namun, ternyata membangun kesuksesan dan kekayaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu bertahun-tahun dan dedikasi penuh untuk mencapai kesuksesan finansial.

Selain itu, untuk membangun kesuksesan dan kekayaan ada kebiasaan yang harus kita hindari. Karena tanpa kita sadari ada begitu banyak kebiasaan yang membuat seseorang sulit mencapai kesuksesan dan kekayaan.

Oleh karenanya, jika ingin mencapai kesuksesan dan kekayaan yang tentunya dengan ketekunan dan kerja keras, tapi ada baiknya juga untuk menghindari enam perilaku ini.

1. Boros

Meski terdengar klise, kebiasaan boros nyatanya menjadi penghambat Anda untuk menjadi orang kaya. Orang boros identik dengan kondisi pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Hal ini membuat menabung menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan. Untuk itu, mulailah memperbaiki kebiasaan itu dan mulai menabung.

2. Banyak utang

Seperti yang telah Anda ketahui, beberapa utang konsumtif memiliki bunga yang tinggi. Hal itu bisa membuat Anda semakin jauh dari cita-cita menjadi orang kaya karena utang dapat mengancam finansial. Jadi, mulai sekarang, berusahalah untuk melunasi tiap utang berbunga tinggi yang Anda miliki dan usahakan untuk tidak berutang lagi setelah semuanya selesai.

3. Malas investasi

Kebiasaan selanjutnya yang membuat Anda sulit jadi orang kaya adalah malas berinvestasi. Padahal, berinvestasi merupakan salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan kekayaan dan juga satu-satunya cara untuk memastikan pertumbuhan uang Anda mengalahkan tingkat inflasi. Namun, perlu diingat bahwa dana darurat atau tabungan jangka pendek bukan termasuk investasi.

4. Tidak sadar pada pengeluaran kecil

Anda mungkin berpikir bahwa menghabiskan uang Rp20.000 setiap harinya untuk segelas kopi di espresso store tidak memiliki pengaruh pada dompet Anda. Belum lagi jika Anda membeli kopi tersebut lebih dari satu kali sehari. Kebiasaan kecil inilah yang membuat Anda sulit menjadi orang kaya. Untuk itu, mulailah perhatikan kebutuhan dan tahan diri untuk membeli hal-hal kecil yang sebenarnya tidak perlu.

5. Ikut-ikutan gaya hidup orang lain

Usahakanlah memiliki gaya hidup yang sesuai dengan keuangan Anda. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup orang lain karena hal itu akan membuat kondisi keuangan Anda semakin terpuruk.

6. Selalu berpikir negatif

Perlu diketahui, orang yang sukses adalah orang yang bisa melihat sisi positif dalam kondisi yang negatif. Hal ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang optimis dan selalu mau berusaha. Biasanya orang yang berpikir negatif akan sulit untuk mencoba hal baru karena yang dipikirkan adalah resiko terburuknya saja. Mereka jadi tidak berani melangkah maju dan hal inilah yang menghambat Anda untuk jadi orang kaya.

7. Malas

Kemalasan tidak akan pernah berbuahkan hal yang baik. Jika Anda mau meraih sesuatu, maka harus mau bekerja dan berusaha keras. Jika hanya bermalas-malasan saja, Anda tidak akan menemukan pintu menuju kesuksesan yang bisa membuat jadi orang kaya.

8. Menuntut tapi tidak ada prestasi

Dalam bekerja, Anda harus menunjukkan prestasi terbaik agar bisa dinilai baik untuk mendapat kenaikan gaji atau fasilitas dari kantor. Anda harus selalu siap menunjukkan usaha terbaik sebelum menuntut hal-hal yang Anda inginkan karena tidak akan ada sesuatu yang datang secara cuma-cuma.

9. Mengandalkan satu sumber pendapatan

Mengandalkan satu sumber penghasilan saja ternyata bisa menghambat Anda menjadi orang kaya. Sebab penghasilan itu belum tentu menjamin kelangsungan hidup Anda selamanya di dunia. Hal yang harus dilakukan adalah mencari profesi sampingan lain yang juga memiliki sumber penghasilan yang mumpuni, contohnya seperti berdagang online, menjadi tutor, investasi saham (trading), dan yang lainnya.

10. Tidak memiliki rencana masa depan

Belum memiliki rencana untuk masa depan itu artinya Anda membuang banyak kesempatan untuk menjadi orang kaya. Seiring dengan perkembangan zaman pola garis hidup harus direncanakan sejak jauh-jauh hari untuk menghadapi situasi ekonomi yang tak menentu

[Gambas:Video CNBC]

(dhf)