Devina Ekawati: Tertarik Device Understanding Hingga Berlabuh di Traveloka

Devina Ekawati, Senior Machine Learning Engineer, Traveloka.

Kebutuhan akan talenta digital di tanah air kini semakin tinggi lantaran semakin banyaknya perusahaan yang melakukan transformasi digital dan lahirnya startup (perusahaan rintisan) yang menghadirkan inovasi untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat.

Tak heran, banyak jenis profesi baru terkait bidang electronic yang bermunculan dan dibutuhkan. Salah satunya yakni profesi Equipment Finding out Engineer.

Apa sebenarnya profesi tersebut? Device Finding out Engineer adalah profesi di bidang TI (Teknologi Informasi) yang berfokus pada penelitian, perancangan, dan pembuatan sebuah method dan algoritme untuk sistem AI (Synthetic Intelligence) sehingga memungkinkan sebuah mesin mengambil tindakan tanpa arahan manusia.

Jadi, mesin tersebut akan memiliki kemampuan untuk belajar secara otomatis dari knowledge dan pengalaman tanpa harus diprogram ulang.

Salah satu contoh sosok talenta muda di tanah air yang berprofesi di bidang tersebut adalah Devina Ekawati.

Ia merupakan Device Discovering Engineer di perusahaan lifestyle superapp terkemuka yaitu Traveloka.

Dalami Bidang Teknologi Sejak di Bangku Kuliah

Ketika seseorang ingin menguasai suatu kemampuan secara mendalam, tentu harus mengasah kemampuan tersebut sejak lama. Hal itulah yang dilakukan Devina.

Ia mengungkapkan bahwa antusiasmenya mendalami Machine Finding out sudah sejak lama dan didasari oleh kecenderungannya untuk mengeksplorasi hal-hal baru.

Sebagai seorang pemikir yang unik, Devina terus menantang dirinya untuk mempelajari teknologi baru untuk meningkatkan kemampuannya di bidang TIK.

Devina mengawali perjalanan di bidang teknologi sebagai seorang mahasiswa Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB).



Movie Pilihan